Selasa, 19 April 2011

Ayo Berbagi

Hmm…..segar ! Nyam…nyam…nyam….
”Enak sekali ya. Coba kita bisa seperti ini setiap hari, pasti asyik!” seru Ega sambil mengunyah apel di mulutnya.
“Betul…betul…betul”, seru yang lain menirukan gaya ipin.
serentak anak-anak tertawa bersama.





 Itulah suasana kelas 1B siang itu. Kami mengadakan “ Makan Buah Bersama”. Beraneka macam buah-buahan yang kami bawa dijadikan satu kemudian kami menyantapnya bersama-sama. Uniknya, ada lho anak yang belum tahu bentuk buah kelengkeng tapi tahu rasanya. Waktu ditanya dia terbiasa makan buah kelengkeng dalam bentuk siap disantap alias sudah dikupas. Ada lagi anak yang terkagum-kagum saat melihat buah papaya dibelah dengan biji masih terkumpul didalammya. “Bagus ya bu, bisa sebanyak itu dan tersusun rapi di dalam”, ujarnya pelan sambil manggut-manggut.
Rupanya kegiatan makan bisa menjadi ajang belajar yang menyenangkan juga. Anak jadi tahu bentuk dan rasa buah sekaligus belajar berbagi dengan teman. Tak jarang kita lihat anak yang tidak terbiasa berbagi, akan sulit untuk memberikan apa yang dimilikinya untuk orang lain, seperti yang tadi sempat terjadi pada Malik, sejak awal saat kami mulai mengumpulkan buah, dia terus saja memegang kuat tempat makannya yang berisi buah pir dan anggur yang dibawanya dari rumah. Saat kami memintanya, dengan berat hati diberikannya tempat makannya.Namun tak berapa lama senyum sudah mengembang di mulutnya tanda dia setuju berbagi. "Sebenarnya aku suka makan bersama teman", bisiknya lirih di telingaku.

2 komentar:

  1. Belajar dgn AMBAK, emang pas dan mudah diterima anak-anak. Tapi....kok ya gak ngundang2 to...tambah sambel lotis kan lebih enak mesti hehehe..

    BalasHapus
  2. Setuju bu Rahma, kami pun lebih enjoy menyampaikan tanpa mengurangi esensi pembelajarannya. He2x....kapan-kapan kita gabung yuk! Oh iya makasih selama ini sudah berbagi denganku plus sedekah ilmunya ya bu. Mudah-mudahan Allah SWT membalas dengan kebaikan yang lain. Amin.

    BalasHapus